Masuk

Ingat Saya

Linux or Windows

linux-vs-windows

Linux dan Windows, Siapa yang tak kenal dengan kedua istilah tersebut, linux dan windows adalah sistem operasi yang sama-sama dibuat untuk membantu pengguna untuk menjalankan komputer dengan mudah.

Windows pertama kali di rilis oleh perusahaan microsoft corporation pada tahun 1985, sedangkan linux dibuat oleh linus torvalds dan diperkenalkannya pada tahun 1991 (bisa dicari di wikipedia).

Namun entah kenapa orang lebih memilih menggunakan sistem operasi Windows daripada menggunakan Linux. Padahal untuk mendapatkan sistem operasi linux sangatlah mudah, bahkan tidak perlu mengeluarkan sepeserpun untuk bisa menikmati sistem operasi linux. berbeda halnya dengan sistem operasi windows, anda harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk bisa menikmati sistem operasi windows.

Namun tak bisa dipungkiri bahwa popularitas windows lebih meroket ketimbang linux. mari kita lihat negara kita (indonesia), meskipun sistem operasi ini berbayar, namun banyak orang yang memakai sistem operasi windows. bahkan banyak diantaranya menggunakan windows bajakan. “katanya gak sudi liat orang koruptor, malah pakek windows yang bajakan.” Kapan bisa bener negara kita kalo yang larang malah melakukam.

banyak orang juga berpendapat bahwa windows lebih mudah digunakan daripada linux. windows hanya tinggal klik-klik saja, sedangkan linux lebih banyak menuliskan baris-baris yang rumit untuk memberikan perintah daripada mengklik. padahal linux itu mudah di gunakan, bahkan banyak perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan sistem operasi linux untuk dijadikan server ketimbang windows. selain linux tidak mudah terinfeksi virus dan memiliki keamanan yang kuat juga sistem operasi linux tidak mudah down.

Sekarang ini banyak berdiri organisasi-organisasi yang bertujuan untuk membuat dan mengembangkan kemampuan anak bangsa mengenai sistem operasi linux.

 

demikianlah pembahasan saya mengenai penggunaan sistem operasi di indonesia.

Dengan